Beranda » Pendidikan » Greeting Dalam Bahasa Inggris

Greeting Dalam Bahasa Inggris


Greeting dalam bahasa inggris-Salam atau sapaan dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Apalagi bila anda baru bertemu dengan seseorang yang baru anda kenali, sangatlah penting bagi kita bisa bagaimana meramu dan meracik kata-kata indah dalam kesan pertama. Apalagi bila dalam jumpa pertama kita menggunakan greeting dalam bahasa inggris, sangatlah penting bila kita terlebih dahulu harus tahu dan setidaknya mengenal apa saja sih yang mesti kita pelajari, semisal pada saat kita bertemu seseorang memulai dengan greeting bahasa inggris “How are you?”dan dijawab dengan “I am Fine”, itu adalah hal paling dasar ketika anda belajar bahasa inggris

greeting card

Contoh greeting card

Akan tetapi apakah kita akan selalu mengucapakan greeting dalam bahasa inggris dengan model seperti itu terus, terlebih itu digunakan berulang kali terhadap orang yang sama, apakah kita tidak malu bila orang yang kita sapa tersebut sampai mengucapkan “you’re not creative”. Tentu saja kan kita pasti akan merasa malu, misal kita bisa saja menggunakan kalimat “How is it going?” meskipun tidak terlalu formal, namun sapaan tersebut akan terasa akrab ditelinga lawan bicara kita.

Nah, untuk menghindari perkataan itu dari lawan bicara kita khususnya untuk kesan pertama kita. Mari kita bersama mempelajari dasar-dasar Greeting dalam bahasa inggris lebih jauh hanya disini.

Lakukan sapaan dengan berjalan pelan namun kalian tidak perlu berhenti berjalan ketika melakukannya. Cobalah praktikkan dengan teman satu kelas atau siapapun yang bersedia. Beberapa ucapan greeting adalah sebagai berikut:

Hello
Hi
Good morning
Good afternoon
Good evening
Hey, John.
How’s it goin’?

Native speakers atau pembicara asli kebanyakan memperpendek “going” menjadi “goin”. Mungkin ini sama dengan kita yang memperpendek “apa kabar?” menjadi “pa kabar?”

Slang greeting atau bahasa gaul ketika bertemu dengan seseorang

Gunakan bahasa sapaan yang gaul atau slang ketika kalian menyapa teman dekat. Para remaja di barat sama dengan para remaja di Indonesia yang menyapa temannya dengan kata-kata “pa kabar lo?, lagi ngapain bro?, atau lo mo kemana?” nah, kalian sering bukan menyapa teman dengan perkataan seperti itu? dan diyakini bahwa sapaan yang akrab tersebut hanya digunakan untuk teman-teman dekat saja.

Begitu juga dengan remaja di Amerika Serikat sana, dan beberapa contoh greeting yang gaul adalah sebagai berikut.

Howdy (hawdi)
Hiya (haiya)
Whazzup? (whatsap)
Yo (yo)
G’day (geddei)

*Tanda dalam kurung berarti cara membacanya.

Contoh percakapan greeting dalam kehidupan sehari-hari

A: Hello Andi, How are You?
B: Hi Anto, I am fine, and You?
A: I’m all right. How is your family?
B: My son is sick. He has fever.
A: I’m sorry to hear that.  Have you gone to the doctor?
B: Yes, I have
A: What did the doctor say?
B: It’s only a bit sick. He must drink medicines and take a rest.
A: I hope he will get better soon.
B: Thanks Anto

Artinya :

A: Hallo, Andi. Apa kabar?
B: Hi Anto, Saya baik-baik saja, dan kamu?
A: Saya baik-baik saja. Bagaimana dengan keluargamu?
B: Anakku sakit. Dia demam.
A: Saya turut sedih. Apakah kamu sudah pergi kedokter?
B: Ya, sudah
A: Apa kata dokter?
B: Hanya sakit biasa. Dia harus minum obat dan istirahat.
A: Saya harap dia akan segera sembuh.
B: Terima kasih, Anto

Dalam konteks formal seperti di kantor atau rapat, kemungkinan lawan bicara Anda adalah seseorang yang memiliki status atau jabatan lebih tinggi – seperti atasan atau klien Anda, misalnya. Sebaiknya, untuk menjaga kesopanan, paling aman bila Anda menyapa mereka dengan sebutan Mr./Ms. hingga situasi formal berangsur-angsur mencair.

Tetapi jika mereka mengatakan, “Please call me (Derrick),” itu artinya mereka lebih senang dipanggil dengan nama depan mereka. Atau, jika mereka menyapa Anda terlebih dahulu dengan nama depan Anda, maka Anda harus tahu itu merupakan petunjuk bagi Anda untuk juga memanggil mereka dengan nama depan mereka.

Dalam kebudayaan Eropa dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya, orang-orang terbiasa berjabat tangan saat mereka bertemu dengan orang lain untuk pertama kalinya.

Dan yang terpenting: Jangan lupa pula untuk memasang senyum terbaik Anda! :-) Itulah yang sangat mencirikan anda benar-benar dari bangsa yang ramah, Indonesia. Semoga bermanfaar. Aamiin

%d bloggers like this: